Bekali Calon Wisudawan, Unika Ruteng Laksanakan Webinar Merdeka Berkreasi di Era Digital, Berikut Kata Wisudawan

  • Bagikan
Berkreasi di Era Digital
Scransot by platform zoom meeting

MANGGARAI|Letangmedia.comPanitia wisuda Sarjana dan Ahli Madya Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng melaksanakan kegiatan Web Seminar (Webinar), pada Rabu 10 November 2021 melalui platform zoom meeting.

Webinar dengan tema umum “Merdeka Berkreasi di Era Digital”sebagai salah satu upaya untuk membekali calon wisudawan dalam memasuki dunia kerja.

Theresia Alviani Sum, M.Pd., selaku Ketua Panitia Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Unika Santu Paulus Ruteng Tahun 2021, menyatakan, pelaksanaan webinar hari ini merupakan salah satu bagian dari seluruh rangkaian acara wisuda Sarjana dan Ahli Madya Unika Santu Paulus Ruteng Tahun 2021.

“Wisuda Sarjana dan ahli madya Unika Santu Paulus Ruteng tahun 2021 dilaksanakan secara daring dengan mengusung tema “Merdeka Berkreasi di Era Digital”. Seluruh rangkaian kegiatan wisuda mulai dari seminar sampai hari pelaksanaan wisuda dilaksanakan secara daring,” ujarnya.

Any, demikian panggilan Theresia Alviani Sum, M.Pd., menjelaskan, webinar ini sangat penting untuk diikuti oleh calon wisudawan, karena dunia nyata berbeda dengan dunia perkuliahan. dunia nyata akan selalu menuntut kita untuk terus belajar dan berkreasi.

“Webinar yang dibawakan oleh Dr. Marianus M. Tapung, S.Fil.,M.Pd., dengan judul ‘Merdeka Berkreasi Berbasis Human Capital di Era Transformasi Digital’ sangat penting untuk diikuti oleh calon wisudawan, karena dunia nyata berbeda dengan dunia perkuliahan. dunia nyata akan selalu menuntut kita untuk belajar dan berkreasi. kita selalu dituntut untuk bergerak maju dan terus melakukan kreativitas ditengah majunya teknologi saat ini,” imbuhnya.

Karena itu, ia mengharapkan agar calon wisudawan dapat memetik pesan penting dari materi yang disampaikan oleh pemeteri.

“Saya berharap mahasiswa bisa memetik pesan penting dari materi webinar ini, bahwa modal utama kita pada era transformasi Digital ini adalah “Human Capital”. Kompetensi tertentu bukan lagi privilese kaum tertentu. Kondisi ini bisa menjadi peluang sekaligus tantangan bagi kita. Jadi tantangan bila kita berhenti belajar. Jadi peluang jika kita memiliki kemauan untuk terus belajar dan berkreasi, dunia nyata akan selalu menuntut kita untuk belajar dan berkreasi, ”tutupnya.

Sementara itu, Dr. Marianus M. Tapung, S.Fil.,M.Pd., dalam pemaparan materinya yang bertajuk “Merdeka Berkreasi Berbasis Human Capital di Era Transformasi Digital” menunjukkan hubungan erat antara transformasi Digital dan sumber daya manusia atau human capital.

Ia menegaskan, kita tidak bisa secara sempurna bertransformasi dalam dunia Digital, bila tidak didukung oleh human capital (modal manusia) yang mumpuni. Transformasi Digital tanpa didukung oleh human capital menjadi absurd.

Sebaliknya, kata dia, human capital tanpa transformasi Digital akan menjadi sia-sia dan tidak bermakna. Jadi human capital menjadi syarat mutlak atau ‘Conditio Sine Qua Non’ dalam bertranformasi Digital di mana saja .

 

Baca Juga:  Mantovanny Tapung: Transformasi Digital Tanpa Human Capital Adalah Absurd
  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.