Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Bangka Kantar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

  • Bagikan
Cegah Penyebaran Covid-19, Pemdes Bangka Kantar Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Ket: Anggota Tim relawan Covid-19 Desa Bangka Kantar saat sedang melakukan penyemprotan (Foto: Iren Antus)

MATIM| LETANGMEDIA.com-Pemerintah Desa (Pemdes) Bangka Kantar, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) Provinsi NTT melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum dan di beberapa rumah warga untuk mengantisipasi dan atau memutuskan rantai penyebaran Corona virus Disease (Covid-19)

“Tidak hanya di tempat umum, kami juga akan melayani apabila ada permintaan dari masyarakat yang ingin rumahnya disemprot disinfektan,” ungkap Kepala Desa (Kades) Bangka Kantar, Silverius Mediator Rawan, saat ditemui Letangmedia.com pada Jumat, 23 Juli 2021.

“Selain itu, apabila ada hajatan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari dan besar kemungkinan untuk tidak bisa dibatalkan, relawan Covid-19 Desa Bangka Kantar akan melakukan penyemprotan satu hari sebelum hajatan tersebut,” lanjutnya. 

Dia menambahkan, pihaknya akan selalu siaga dalam upaya memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

“Memang sudah ada edaran untuk tidak bisa laksanakan hajatan apapun, tetapi dengan berbagai pertimbangan terpaksa kami tidak batasi. Namun, bagi keluarga atau masyarakat yang melakukan hajatan wajib membuat surat pernyataan dan mempersiapkan tempat cuci tangan, serta wajib menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Kades Bangka Kantar, yang akrab disapa Mendik.

Mendik menyebutkan, Pemdes Bangka Kantar mengalokasikan anggaran penanganan Covid-19 sebesar 8% dari pagu anggaran Dana Desa dalam satu tahun anggaran.

Dari 8% itu, kata Mendik, sudah termasuk insentif 24 anggota Tim relawan Covid-19 Desa Bangka Kantar.

Dikatakan Mendik, bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan mengaktifkan kembali posko pengamanan Covid-19. Hal itu dilakukan supaya informasi terkait Covid-19 tingkat Desa Bangka Kantar terpusat. Sementara untuk petugas jaga posko dilakukan secara bergantian oleh anggota Tim relawan Covid-19 Desa Bangka Kantar.

Sementara itu, Nurdy Alung, salah satu Tim relawan Covid-19 Desa Bangka Kantar, mengatakan, pihaknya selalu siap bekerja maksimal dalam upaya memutuskan dan mencegah rantai penyebaran Covid-19 di Desa Bangka Kantar.

Menurut Nurdy, ini adalah tanggung jawab yang harus dilaksanakan secara makasimal.

Nurdy mengakui, bahwa menjadi anggota tim relawan Covid-19 bukanlah tugas yang mudah, sehingga kehati-hatian dalam bekerja menjadi pilihan sangat penting.

Lebih lanjut kata Nundik, penyemprotan hari ini (23 Juli 202, Red) dilakukan di beberapa rumah keluarga yang dinyatakan positif Covid-19.

Sebagai informasi, untuk Desa Bangka Kantar, sudah ada belasan orang yang terpapar Covid-19. Hingga hari ini, dari yang terpapar itu, ada beberapa orang yang masih lakukan karantina mandiri.

Pasien yang menjalani karantina mandiri, mendapatkan sembako yang disalurkan oleh relawan siaga Covid-19 Desa Bangka Kantar (Iren Antus)*

*Penulis | Iren Antus
Editor | Edy Feliks Hatam

Baca Juga:  Guru Honorer Berusia di Atas 35 Tahun, Brikut Solusi dari Nadiem Makarim
  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.