FIKP Unika Santu Paulus Ruteng Gelar Retret Tahunan, Ini Tujuannya

  • Bagikan
ISTIMEWA/FOTO: HARDY SUNGKANG

Laporan | Hardy Sungkang
Letangmedia.com

Manggarai| Letangmedia.com-Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian (FIKP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menggelar kegiatan retret tahunan, Sabtu (5/6/2021) bertempat di Aula lantai V Gedung Utama Timur (GUT) kampus itu.

Ketua Panitia kegiatan retret FIKP Unika Santu Paulus Ruteng, Yohanes Jakri, M.Kes., kepada letangmedia.com mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk jawaban atas tantangan zaman.

Menurutnya, kemajuan zaman yang didukung dengan disrupsi teknologi selalu memberi peluang dan tantangan. Diantara peluang yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi, di saat yang sama banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya kecenderungan individualis. Kecendrungan ini mengikis rasa kepedulian dan kasih terhadap sesama.

Karena itu, kata Johan, kegiatan ini untuk menanamkan dan menguatkan nilai-nilai kasih kepada peserta retret, sekaligus mengasah sikap peduli kepada sesama.

“Kami menginisiasi untuk melaksanakan kegiatan ret-ret dengan tema Kasih Allah memperbaharui dan menyelamatkan”, ungkap Bapak Yohanes Jakri, M.Kes., yang biasa disapa Johan.

Johan menambahkan tujuan kegiatan ini untuk memperteguh iman mahasiswa dan mahasiswi agar semakin mengenal dirinya dan sesama sebagi citra Allah yang penuh akan kasih.

“Mengembangkan karakter dan soft skill mahasiswa di tengah era digitalisasi yang semakin menggilas nilai-nilai kasih dan kepedulian terhadap sesama sangat dibutuhkan pendalaman iman akan kasih Allah,” tambah dosen Administrasi dan kebijakan kesehatan itu.

Salah satu peserta retret, Derminus Magong, mahasiswa Prodi Agronomi Unika Santu Paulus Ruteng mengungkapkan rasa bangganya karena mengikuti kegiatan yang penuh pembaharuan ini.

Bagi dia, kegiatan rohani seperti ini sangat tepat untuk dilakukan kepada mahasiswa dan mahasiswi di tengah tantangan era digitalisasi yang terus merambah pada setiap sisi kehidupan manusia.

“Secara pribadi setelah saya mendengar materi ret-ret hari ini sungguh menggembirakan. Lantaran, beban dan pergulatan duniawi yang telah berlalu selama ini sebetulnya sudah di luar ekspektasi iman”, terang Derminus.

Derminus yakin, kegiatan rohani hari ini akan memperkuat dirinya dalam menjalankan tugas sebagai mahasiswa pada era ini.

“Saya merasa senang. Kegiatan hari ini membuat saya lebih kuat dalam menjalankan tugas saya sebagai mahasiswa. Materinya RD. Ompy sungguh kontekstual,” tambahnya.

Karena itu, sebagai mahasiswa, Derminus berharap agar kegiatan retret seperti ini terus dijalankan. Kegiatan ini sangat berguna untuk dirinya dan mahasiswi mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng pada umumnya.

Untuk diketahui, kegiatan ret-ret ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi semester IV dari Program Studi Sarjana Keperawatan, DIII Kebidana, Sarjana Sosial Ekonomi Pertanian dan Prodi Agronomi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian Unika Santu Paulus Ruteng.

Kegiatan itu dilaksanakan secara ofline dan daring. Kurang lebih 40 mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti kegiatan secara ofline dan hampir 200 mahasiswa yang mengikuti retret secara daring melalui aplikasi zoom meeting.*

Penulis | Hardy Sungkang
Editor | EFH

Baca Juga:  Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, Kemendikbudristek Cetak 120 Judul Buku dan 748 Bahan Bacaan
  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.