FKIP Unika  Santu Paulus Ruteng Kembali Gelar Konferensi Internasional

Konferensi internasional ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil kajian para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, mahasiswa, pejabat pemerintah, dan semua pihak yang memiliki kepentingan sama di seluruh dunia.

Konferensi Internasional
FKIP Unika Ruteng Kembali Gelar Konferensi Internasional (ket Foto/Sumber: Flyer Konferensi Internasional FKIP Unika Santu Paulus Ruteng/Panitia)

LETANGMEDIA.com-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng kembali menggelar konferensi internasional, Jumat (27/05/2022) dan Sabtu (28/05/2022)

Kegiatan bertaraf internasional bernama resmi The Second International Conference on Humanities, Education, Language, and Culture (The 2nd ICHELAC) ini digelar sebagai seri kedua dari event yang sukses digelar pertama kali tahun lalu.

Tiga pembicara dari luar negeri dan puluhan dari dalam negeri dipastikan hadir dalam kegiatan ini.

Ketua Panitia The 2nd ICHELAC, Dr.Hieronimus Canggung Darong, S.S., M.Pd.,  menyatakan, bahwa tema umum konferensi kali ini masih terkait dengan isu-isu yang diangkat pada konferensi pertama tahun lalu.

“Tema umum event tahun ini masih melanjutkan tema konferensi pertama tahun lalu yakni isu-isu yang berkaitan dengan kemanusian secara umum, pendidikan, bahasa, dan kebudayaan”, terang Dr.Hieronimus, dalam keterangan tertulis yang diterima Letangmedia.com melalui WhatsApp, Rabu (25/5/2022)

Dr.Hieronimus menjelaskan, bahwa pelaksanaan konferensi internasional ini adalah  untuk menyebarluaskan hasil kajian para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, mahasiswa, pejabat pemerintah, dan semua pihak yang memiliki kepentingan sama di seluruh dunia.

“Konferensi internasional merupakan forum diskusi akademik yang memfasilitasi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, mahasiswa, pejabat pemerintah, dan semua pihak yang memiliki kepentingan sama di seluruh dunia untuk menyebarluaskan hasil kajian mereka,” lanjut Dr.Hieronimus.

Selain itu, kata Dr.Hieronimus, “penyelenggaraan konferensi internasional yang dimaksud akan mempertemukan para dosen dan peneliti dari beberapa negara untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengetahuan tentang kajian-kajian terkait serta membuka peluang kerja sama penelitian lanjutan bertaraf nasional dan internasional”.

Lebih lanjut, Dr.Hieronimus menyebutkan beberapa  poin penting yang menjadi tujuan penyelenggaraan konferensi ini, yaitu pertama membangun konsep, kebijakan, dan penaganan isu-isu kemanusiaan dalam suatu rangkaian diskursus ilimiah; Kedua, mendiskusikan proyeksi dan prospeksi eksistensi bahasa dan budaya (lokal, nasional, dan internasional) di era global.

Ketiga, mendiskusikan keberlanjutan pendidikan dan proses pembelajaran; Keempat, mendiseminasikan hasil kajian terkait isu-isu humaniora, pendidikan, bahasa, dan budaya;

Kelima, memotivasi dan memberi ruang akademis bagi akademisi (dosen dan mahasiswa) untuk menyampaikan pengalaman empirik dan konsep khususnya di lingkungan Unika Santu Paulus Ruteng.

Pada bagian akhir keterangannya, Dr. Hieronimus menegaskan arti visioner-strategis konferensi ini bagi lembaga FKIP Unika Santu Paulus Ruteng.

“Konferensi ini (2nd ICHELAC) merupakan wajud tanggung jawab akademis FKIP Unika Santu Paulus dalam upaya menjalankan visi misi kampus Unika sebagai center of excellence di masa yang akan datang,” tegasnya.

 

Baca Juga:
Membangun Kedekatan Pendidikan Tinggi dan Masyarakat Melalui Tri Dharma
Unika Ruteng membangu Kedekatan Pendidikan Tinggi Melalui Tri Dharma

Ia menjelaskan, keterlibatan institusi Perguruan Tinggi dalam memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di masyarakat, salah satunya melalui penelitian dan publikasi Read more

Pengurus dan Anggota Baru Gammasando Dilantik, Berikut Peneguhan dari Para Pembina
Pengurus dan Anggota Baru Gammasando Dilantik, Berikut Peneguhan dari Para Pembina

MANGGARAI|Letangmedia.com-Dewan pembina organisasi Gabungan Mahasiswa Mbeliling, Sano Ngoang, Komodo, Boleng (Gammasando) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mengukuhkan anggota Read more

Prodi Keperawatan dan Ners Unika Ruteng Laksanakan Kuliah Pakar, Dr. Heni: Pentingnya Menjaga Kesehatan Jiwa
Prodi Keperawatan dan Ners Unika Ruteng Laksanakan Kuliah Pakar, Dr. Heni: Pentingnya Menjaga Kesehatan Jiwa

MANGGARAI|Letangmedia.com-Program Studi Sarjana Keperawatan dan Program Studi Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Katolik  Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng Read more

Rektor Unika Ruteng akan Dikukuhkan Sebagai Guru Besar 
gukuhan Guru Besar Unika Santu Paulus Ruteng

Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Servatius Lon, M.A., akan dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Read more

Mahasiswa Unika Ruteng Torehkan Prestasi pada Ajang Kejurnas Taekwondo
Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, peserta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo sukses menorehkan prestasi tingkat nasional pada ajang Kerjuaraan Indonesia Taekwondo Virtual Challenge 2022. Kejuaraan ini memperebutkan Piala Kemdikbudristek Republik Indonesia yang digelar pada Sabtu-Minggu (29-30 Januari 2022)

Mahasiswa Unika Ruteng Torehkan Prestasi pada Ajang Kejurnas Taekwondo

Kejuaraan Taekwondo Virtual 2022, Mahasiswa Unika Ruteng Raih 6 Medali
Kejuaraan Taekwondo Virtual 2022, Mahasiswa Atlet Unika Ruteng Raih 6 Medali. Mahasiswa atlet yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo berhasil meraih enam medali pada ajang Kerjuaraan Indonesia Taekwondo Virtual Challenge 2022. Rincian raihan keenam medali itu adalah 2 medali emas dan 4 medali perak

Kejuaraan Taekwondo Virtual 2022 Mahasiswa Unika Ruteng Raih 6 Medali pada ajang Kerjuaraan Indonesia Taekwondo Virtual Challenge 2022

error: Content is protected !!