HTN, Dosen Prodi Agronomi Unika St. Paulus Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

  • Bagikan
Foto:Ketua Program Studi Agronomi, Fany Juliarti Panjaitan, SP.,M.Si; (Dok.Hardi/LEMNEWS.COM)

Ruteng, Letangmedia.com– Program Studi Agronomi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian (FIKP) Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) Santu Paulus Ruteng melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka Hari Tani Nasional, pada Sabtu, 5 /12/ 2020 lalu di Desa Bangka Jong, Kec. Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka Hari Tani Nasional tersebut bernaung di bawah tema besar yakni “Suksesi Pertanian Berkelanjutan melalui Penerapan IPTEKS”.

Foto.dosen Agronomi sedang melakukan kegiatan PKM dengan masyarakat Desa Bangka Jong (DOK: HARDI/LAMNEWS.COM)

Rilis yang diperoleh media ini bahwa perayaan Hari Tani Nasional tersebut memiliki beberapa kegiatan praktis, seperti sosialisasi terkait pertanian berkelanjutan dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) serta pembuatan PGPR (plant Growth promotion Rhizobacter).

Kegiatan tersebut, langsung dimateri oleh keempat dosen Program Studi (Prodi) Agronomi, di antaranya Fany Juliarti Panjaitan, SP.,M.Si; Rizki A. Taopan, S.Si.,M.Si; Gani Jawak, SP.,M.Si; dan Onesimuss Ke Lele, SP.,M.Si.

Diketahui bahwa, selain pemaparan materi dan pelatihan pembuatan POC dan PGPR, keempat pemateri melakukan pembagian benih tanaman hortikultura dan pupuk organik cair kepada masyarakat setempat.

“Kami sedikit memberikan benih tanaman hortikultura dan pupuk organik cair kepada masyarakat Desa Bangka Jong. Pemberian benih tersebut sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kami terhadap petani di desa tersebut,” papar salah seorang dosen, Onesimuss Ke Lele, SP.,M.Si.

Tampak bahwa kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai instruksi penanganan covid-19.

BACA JUGA:

  1. Anggota POLRES, TNI, POLPP, dan PLN Manggarai Gelar Ops Lilin Turangga 2020
  2. Bupati Dulla: Sumur Literasi Pembangunan Mabar || Oleh: Sil Joni
  3. Menarik, Beberapa Pemuda Matim lakukan Aksi Mural di Pantai Cepi Watu
  4. Yohanes J. Demas; Saya Bangga Menjadi Petani
  5. OPINI || Natal dan Rekonsiliasi Politik Pasca Pilkada
  6. PILKADA DAN ADVEN || Refleksi Akhir Tahun
Sekretaris Dekan FIKP, Theofilus A. Ndorang, M.Th (DOK: HARDI/LAMNEWS.COM)

Adapun pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut adalah kelompok tani Jari Laing, Desa Bangka Jong, aparat Desa Bangka Jong, Sekretaris Dekan FIKP, Theofilus A. Ndorang, M.Th, Dosen, Pegawai dan Mahasiswa Prodi Agronomi.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Dekan (Teofiulus Acai Ndorang) mengungkapkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat  (PKM) merupakan salah satu dari tiga darma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh setiap dosen untuk mendiseminasi hasil kajian ilmu pengetahuan yang telah dilakukan di kampus.

“Terkait dengan Hari Tani Nasional yang mestinya jatuh pada tanggal 24 september, saya  sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Agronomi dalam bentuk PKM bersama Kelompok Tani Jari Laing Desa Bangka Jong”, terang Theofilus.

Sekretaris dekan FIKP berharap agar kegiatan seperti ini dapat menjadi suatu kegiatan wajib yang dilakukan setiap tahunnya, sehingga Prodi Agronomi UNIKA dapat memberikan dampak secara langsung bagi para petani khususnya di Manggarai.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Bangka Jong, Eduardus Nuruk menyambut bangga dan bahagia dengan kehadiran Prodi Agronomi UNIKA St. Paulus Ruteng, khususnya kegiatan PkM yang dilakukan oleh Prodi Agronomi.

“Saya berharap kegiatan ini bukan menjadi awal dan akhir, tetapi dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan, sehingga petani benar-benar mandiri dalam usaha budidaya tanaman,” harap Kepala Desa Bangka Jong.

Kemudian beliau juga menerangkan agar nak-anak Desa Bangka Jong, jika ingin menempuh studi bidang pertanian tidak lagi keluar jauh keluar daerah, karena di Manggarai sudah ada Program studi Agronomi.

“Kebutuhan pangan tidak hanya cukup secara kuantitas,
tetapi juga harus terpenuhi dari segi kualitas.
Artinya produk pertaniaan harus sehat dikonsumsi”
Fany Juliarti Panjaitan, SP.,M.Si
Ketua Program Studi Agronomi

Ketua Program Studi Agronomi, Fany Juliarti Panjaitan, SP.,M.Si dalam kesempatan itu juga menjelaskan bahwa kebutuhan pangan tidak hanya cukup secara kuantitas, tetapi juga harus terpenuhi dari segi kualitas.  Artinya produk pertaniaan harus sehat dikonsumsi.

Tidak hanya itu, ketua panitia kegiatan tersebut sekaligus pemateri, Onesimus Ke Lele, MP, mengajak seluruh elemen masayarakat khsusnya petani, agar teeus mewujudkan rasa cibta terhadap lingkungan. Ia juga menekankan kesadaran petani merupakan tanggungjawab kita atas keamanan generasi berikutnya.

“Mari kita membangun peradaban budidaya tanaman secara sehat mulai saat ini. Kalau bukan sekarang, kapan lagi”, Tutup Onesimus Ke Lele, MP. (Har)

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.