IMAPELS Ruteng Adakan Berbagai Kegiatan, Tarsi Golo: Meningkatkan Spirit Perjuangan dalam Keberagaman

  • Bagikan
Ket: Anggota IMAPELS Ruteng saat doa bersama di Gua Golo Curu Ruteng, Sabtu, 5/6/2021 (Foto: Tarsianus Golo)

MANGGARAI | Letangmedia.com-Berbagai kegiatan seperti jalan sehat, bakti sosial dan ziarah ke wisata rohani Golo Curu Ruteng yang dilakukan oleh Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Elar Selatan (IMAPELS) Ruteng bertujuan untuk memupuk rasa kekeluargaan dan tali persaudaraan, serta membangun kepedulian antar sesama. Lebih khusus antar pelajar dan mahasiswa di Ruteng yang berasal dari Kecematan Elar Selatan.

Tarsianus Golo, S.Fil., MH., mengatakan, IMAPELS Ruteng adalah organisasi mahasiswa dan pelajar asal Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur yang berada di kota Ruteng.

Tarsi (sapaan akrab) menambahkan, wadah ini dibentunk untuk menyatu dan mempersatukan pelajar dan mahasiswa dari Kecamatan Elar Selatan yang sedang mengeyam pendidikan di Ruteng.

Selain itu, kata Tarsi, berbagai kegiatan direncanakan dan dilaksanakan untuk meningkatkan spirit perjuangan dalam keberagaman, dan membiasakan diri bertumbuh, berkembang, beradaptasi dan berjuang dalam keberagaman.

“Wadah IMAPELS Ruteng dibentuk untuk mempersatukan dan membangun keakraban di antara mahasiswa dan pelajar sebagai satu keluarga besar Elar Selatan. Keanggotaan organisasi ini terdiri dari Mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng, Mahasiswa STIE Ruteng, Mahasiswa STIPAS Ruteng dan beberapa pelajar SMA di kota Ruteng yang berasal dari Kecamatan Elar Selatan” terang Tarsi, selaku inisiator IMAPELS Ruteng.

Tarsianus juga menjelaskan, bahwa jalan sehat menuju Gua Maria Golo Curu dan kegiatan bersih halaman Golo Curu sekaligus doa bersama di Gua Maria Golo Curu Ruteng (05/06/2021) adalah puncak dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh IMAPELS Ruteng.

Menurutnya, kegiatan ziarah ke Golo Curu selain meningkatkan kebugaran fisik di tengah rutinitas sebagai mahasiswa dan pelajar, sekaligus mengingatkan mereka akan hakikat kehidupan sebagai sebuah ziarah menuju tanah surgawi.

“Kegiatan bina akrab ini juga untuk mengingkatkan dan memupuk nilai-nilai keakraban serta menumbuhkan spirit perjuangan sebagai generasi masa depan Elar Selatan” tandas Tarsi.

Lebih lanjut Tarsi mengungkapkan, perkembangan teknologi yang semakin pesat cendrung membawa diri kepada sikap individualistik. Diperparah dengan merambahnya desus-desus digitalisasi. Meminimalisir hal ini, maka organisasi IMAPELS Ruteng merupakan salah satu kelompok yang siap menjujung tinggi rasa persaudaraan dalam keberagaman.

“Kami membentukk organisasi ini, karena kami menyadari akan pentingnya saling bersaudara dalam keberagaman. Di IMAPELS Ruteng, kami saling belajar untuk peduli dan menghargai perbedaan sebagai kekayaan,” ungkap Tarsi.

“Organisasi lokal seperti ini bukan untuk melahirkan genarasi yang primordialis dan fanatik. Sebaliknya, dibentuk sebagai wadah untuk bertukar pikiran, ide, gagasan dan pengalaman kekeluargaan sebagai generasi masa depan Elar Selatan yang sedang menimba ilmu di kota Ruteng,” jelas Tarsi.

Lebih lanjut, Dosen Etika dan Hukum Kesehatan Unika Santu Paulus Ruteng itu menjelaskan, bahwa IMAPELS Ruteng lahir untuk terus menumbuhkan sikap solidaritas dan kepedulian terhadap sesama, menyadari kesamaan nasib dan budaya yang sama, guna membangun komitmen bersama melalui gagasan dan karya sosial kemasyarakatan.

Baca Juga:  Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, Kemendikbudristek Cetak 120 Judul Buku dan 748 Bahan Bacaan

Dia mengharapkan, agar ke depan IMAPELS Ruteng akan lebih banyak melaksanakan kegiatan bersama masyarakat sebagai ajang untuk mengenal dan mendekatkan diri dengan kenyataan sosial kemasyarakatan.

Sementara itu, Kepada Letangmedia.com, Ketua IMAPELS Ruteng, Marianus Aldrik mengungkapkan saat ini jumlah anggota IMAPLES yang telah terdaftar adalah 60 orang. Namun, tidak semua anggota hadir dalam kegiatan di Golo Curu Ruteng.

Ket: Foto Bersama Anggota IMAPELS Ruteng setelah kegiatan

“Tidak semua anggota IMAPELS Ruteng hadir dalam kegiatan hari ini (Sabtu,05/06/2021. Red). Mereka tidak hadir, karena masih ada kegiatan penting lainnya,” terang Marianus Aldrik.

Ketua IMAPELS yang merupakan mahasiswa Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (SEP) Unika  Santu Paulus Ruteng itu menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk membina hubungan keakraban di antara anggota dan menumbuhkan semangat cinta lingkungan.

“Kegiatan ini sengaja dilaksanakan tidak hanya untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan antar kami dalam organisasi IMAPELS Ruteng, tetapi juga juga sebagai wujud kepedulian kami terhadap lingkungan”, tutup Marianus Aldrik.

Laporan | Hardy Sungkang
Penulis | Hardy Sungkang
Editor | EFH

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.