Implementasi Kampus Merdeka 2021, Tiga Mahasiswa Matematika Unika Ruteng laksanakan Magang di Tempat Pembuatan Kue

  • Bagikan
Kampus Merdeka 2021
ket. Peserta Magang sedang membuat Kue (Foto. Ricardus Jundu)

MANGGARAI|LETANGMEDIA.com-Program Kampus Merdeka menawarkan delapan jenis kegiatan untuk meningkatkan pengalaman dan kompetensi mahasiswa, salah satunya adalah program magang/praktik kerja di Dunia Usaha dan Industri (DUDI)

“Ada delapan jenis kegiatan belajar di luar Kampus yang bisa dijalankan mahasiswa, yaitu magang/praktik kerja, proyek kemanusiaan, pertukaran pelajar, membangun desa, kegiatan wirausaha, penelitian/riset, Kampus Mengajar/Asistensi Mengajar, dan studi/proyek independen,” terang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim (16/6/2021), dikutip letangmedia.com dari www.kemdikbud.go.id, Kamis (16/9/2021)

Dalam rangka implementasi salah satu program tersebut, Program Studi Pendidikan  Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan Program Magang di 13 Dunia usaha dan Indusi.

Universitas Katolik Indonesia St. Paulus Ruteng melepas 50 mahasiswa dari Prodi matematika untuk mengikuti Magang di 13 Dunia usaha dan industri yang secara umum bergerak dibidang pertanian, peternakan dan pariwisata, yang tersebar di kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur,” dikutip letangmedia.com dari putraindonews.com.

Tiga orang dari 50 peserta magang tersebut, melaksanakan kegiatan magang di Dunia Usaha dan Industri (DUDI) Kue yang beralamat di Malawatar, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat.

Tiga mahasiwa semester V Program Studi Pendidikan Matematika tersebut adalah Maria A. L. Belos, Ifatun Izzah, dan Fransiska Dahung.

Dosen Pembimbing lapangan, Ricardus Jundu, mengungkapkan, tiga orang mahasiswa tersebut melaksanakan magang di bidang DUDI selama tiga bulan, terhitung sejak tanggal 10 September—10 Desember 2021.

mahasiswa melaksanakan magang selama 3 bulan, terhitung mulai tanggal 10 September—10 Desember 2021. Tanggal 10 September mereka menuju lokasi magang, dan tanggal 11 September 2021, mereka melaksanakan aktivitas magang perdana, dengan kegiatan praktek membuat kue,” ungkap Ricar, sapaan akrab Ricardus Jundu, kepada media ini melalui pesan WhatsApp, Kamis (16/9/2021)

Dosen Pendidikan Matematika itu menambahkan, bahwa mahasiswa harus bisa beradaptasi dengan situasi baru dimana mereka tidak lagi belajar di Kampus tetapi langsung terjun di lapangan untuk mengasah keterampilan.

“Mereka harus bisa gunakan waktu selama 3 bulan untuk belajar membuat kue dengan baik dan harus bisa membuat kue setelah selesai magang,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan magang memeberikan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk menangkap peluang usaha setelah tamat dari perguruan tinggi.

Lebih lanjut, Ricar menjelaskan, Kegiatan mahasiswa pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Dengan melaksanakan magang di DUDI mahasiswa dapat melakukan kerja praktik pada Industri.

Ricar mengakui, bahwa kegiatan magang di DUDI selaras dengan program Merdeka belajar yang digagaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Sehingga mahasiswa tidak hanya mempunyai IPK yang tinggi tetapi juga mempunyai skill yang bagus dan kompetensi.

Kita berharap, dengan beraktivitas di DUDI mahasiswa dapat memeroleh gambaran proses dan pekerjaan yang ada di DUDI. Pasalnya, selama aktivitas di perkuliahan, mahasiswa hanya mendapatkan gambaran dan ilmu pengetahuan dari sisi kurikulum. Sementara persoalan yang nyata adalah yang ada di dalam DUDI atau lapangan,” lanjutnya.

Sementara itu, Ibu Yanti Bosko, selaku pendamping lapangan, mengatakan pihaknya akan membimbing dan mendampingi mahasiswa sampai mereka bisa membuat kue yang enak dan memiliki tampilan yang menarik. (Edy Feliks Hatam)

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.