Kades Pong Ruan: Sedang Merencanakan Perpustakaan Desa

  • Bagikan
ILUSTRASI (Foto: clipartmax.com)

Laporan | Iren Antus
Letangmedia.com

MATIM|letangmedia.com-Pentingnya literasi desa adalah upaya membangkitkan minat baca masyakat. Mewujudkan hal itu dapat dilakukan dengan berbagai cara semisal memperbanyak perpustakaan atau taman baca masyarakat di pedesaan; penyediaan buku praktis manajemen, penyediaan buku motivasi dari pengusaha dan BUMDes yang terbukti sukses; serta pengembangan perpustakaan digital desa, dan sebagainya.

Kerena itu, demi meningkatkan budaya literasi, Desa Pong Ruan, Kecamatan Kota Komba, Kab. Manggarai Timur (Matim) sedang merenceranakan untuk hadirkan perpustakaan desa.

Hal itu disampaikan oleh kepala desa Pong Ruan, Dosansianus Tasman Lewagan dalam sambutannya saat meresemikan Taman Baca Beo Kakang, di Kampung Kakang, Desa Pong Ruan, Kecamatan Kota Komba, Kab. Matim, Sabtu (20/03/2021).

“Atas nama pemerintah Desa Pong Ruan, saya mengapresiasi kehadiran Taman Baca Beo Kakang ini. Di kantor desa, saat ini sedang dikonsepkan untuk hadirkan perpustakaan desa,” ungkap kepala desa Dosansianus.

Dosansianus menjelaskan, kedepannya Taman Baca Beo Kakang menjadi ranting perpustakaan desa. Karena itu, kata Dosansianus, untuk mendukung pengembangan taman baca ini akan masuk dalam anggaran dea.

“Kami rencanakan ke depan, Taman Baca Beo Kakang akan menjadi ranting dari perpustakaan desa sehingga ke depan bisa masuk dalam anggaran desa,” jelas Dosansianus.

Sementara Engel Ndarung, salah satu pendiri taman baca Kampung Kakang ini mengisahkan konsep awal berdirinya taman baca ini.

Engel menjelaskan, berdirinya Taman Baca Beo Kakang ini berangkat dari keprihatinan melihat situasi di kampung Kakang. Bahwa berdasarkan pengamatannya, kata Enggel, anak-anak SD mulai terpengaruh dengan handPhone.

“Anak-anak lebih memilih menghabiskan waktu untuk bermain HandPhone. Sementara minat baca sangat minim”, cetusnya.

“Atas dasar itu, saya dengan beberapa teman berinisiatif untuk mengatasi situasi ini”, Engel menambah.

Ket: Foto bersama usai meresmikan taman baca (Foto: Iren Antus)

Lebih lanjut Engel menyampaikan, seiring berjalannya waktu, kami berusaha mencari donatur untuk pengadaan buku, dan kami bersyukur beberapa orang baik siap untuk menjawab mimpi itu.

“Setelah bukunya semua sudah ada, kami pun siap untuk melakukan persiapan lounching taman baca Beo Kakang ini,” tandas Engel.

Pada bagian lain, Engel mengungkapkan, bahwa kami selalu membutuhkan dukuangan dan kerja sama orang tua, tokoh adat dan tokoh masyarakat terlebih khusus di Dusun Lada untuk membesarkan Taman Baca Beo Kakang pada hari-hari selanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, penanggung jawab umum Taman Baca Beo Kakang, Edison Putra, menambahkan, di waktu yang akan datang Taman Baca Beo Kakang akan mengadakan Kelas-kelas Inspiratif. Untuk kelas inspiratif ini, jelas Edison, akan dilaksankan sebulan sekali.

“Konsep kami, harus ada kegiatan kegiatan lain. Semisal Kelas mendongeng, kelas Percobaan IPA sederhana, kami juga akan mengajak anak anak hidup sehat. Juga mengajarkan bagaimana cara menabung yang baik”, tutup Edison.
(Iren Antus/letangmedia.com)

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.