Ketua PWMB: Pemkab Mabar Diminta Tidak Menghalangi Kebebasan Pers

  • Bagikan
ILSUTRASI (Foto:hipwee.com)

Ketua PWMB: Pemkab Mabar
Diminta Tidak Menghalangi
Kebebasan Pers.

Laporan | Feliks.H
Letangmedia.com

MABAR|Letangmedia.com-Kepada Bupati dan wakil Bupati Manggarai Barat (Mabar) yang baru diminta untuk memberikan ruang luas kepada insan pers di Mabar sebagai mitra kritis sekaligus mengawal pembangunan di Mabar.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB), Gerasimos Satria, kepada Letangmedia.com melalui pesan WhatsApp, pada Minggu (28/2/2021)

“Kepada Bupati dan wakil Bupati Mabar yang baru, diminta memberikan ruang luas kepada pers di Mabar untuk mengawal pembangunan selama 5 tahun mendatang.” ungkap Gerasimos Satria yang biasa disapa Satria.

Pers sebagai salah satu mitra pembangunan Kabupaten Mabar, diharapkan kedepannya dapat meningkatkan konstribusinya dalam segala aspek pembangunan yang dilaksanakan di Mabar. Tetapi Pemkab Mabar di minta untuk tidak menghalangi kebebasan pers.” tegasnya.

Wartawan victorynews itu menjelaskan, memberikan ruang yang lebih luas kepada media atau pers, selain sebagai mitra kritis dan mengawal program pembangunan, tetapi juga untuk menyosialisasikan pelaksanaan program pembangunan yang dijalankan oleh Bupati dan Wakil Bupati sehingga dapat diketahui oleh masyarakat.

Baca Juga:  Asosiasi Desa Wisata Mabar Terbentuk, Ini Jajaran Pengurusnya

Dia mengakui, selama ini peranan dan pelibatan pers atau media massa oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat belum maksimal.

Gerasimos Satria, Ketua Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB)

“Selama ini peranan dan pelibatan pers atau media massa oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam pengambilan keputusan mulai dari proses perencanaan pembangunan serta evaluasi dari suatu proyek belum nampak. Sehingga publik menilai, Pemkab Manggarai Barat tidak bekerja selama ini.” jelasnya.

Baginya, salah satu penopang utama keberhasilan pembangunan daerah adalah dengan menyiarkan atau menyajikan program-program pembangunan dan keberhasilan pembangunan daerah tersebut.

Lebih lanjut, Satria menjelaskan pada era komunikasi dan informasi seperti saat ini, media memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan. Media massa sangat berperan dalam menginformasikan dan mengabarkan program-program pemerintah kabupaten Manggarai Barat, termasuk didalamnya tentang perencanaan pembangunan.

“Saya menginginkan Pemkab Mabar untuk membangun keterbukaan informasi lewat media massa. Keinginan itu agar masyarakat semakin cerdas dalam memilih dan memilah informasi dengan benar. Peran insan media bisa mengktitisi dan mengungkap transparansi pembangunan, agar pembangunan sehat di Mabar bisa diwujudkan.” tandasnya.

Baca Juga:  Ciptakan Situasi Kondusif di Bulan Suci Ramadan 1442 H, Polres Mabar lakukan Patroli Dialogis dan Bersilaturahim

Ia juga berharap agar Pemkab Mabar tidak menutup akses media atau pers untuk mendapatkan informasi. Peran media massa maupun wartawan sangat penting dalam mendukung kemajuan pembangunan di Mabar. Tanpa publikasi masyarakat tidak akan mengetahui apa yang dikerjakan oleh pemerintah daerah Manggarai Barat.

“Pemkab Mabar dituntut untuk selalu menjalin komunikasi dan sinergi dengan para stakeholders salah satunya adalah media massa. Saat ini peran media massa sangat penting.” tuturnya.

Pada bagian laian, Satria juga menegaskan Labuan Bajo sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata superpriotas. Saya mendorong agar Sektor pariwisata di Manggarai Barat harus dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat lokal. Hingga saat ini pengembangan sektor pariwisati Manggarai Barat masih dikuasi pemodal besar dari luar NTT. Posisi masyarakat lokal masih menjadi penonton, padahal pontensi dan sumber daya manusia dan sumber daya alam di Mabar sangat menjanjikan.

“Di tempat wisata di luar kawasan TNK tidak ada ruang bagi pedagang dan pelaku jasa wisata lainnya. Hal demikian membuat sektor wisata yang ada tidak memberi dampak menguntungkan bagi masyarakat sekitar destinasi wisata,” tutup Ketua Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB) itu. (Redaksi)

BACA JUGA:

  1. Mencegah Radikalisme, KOPERAD Mabar  Usul Pembentukan Badan Khusus
  2. Ketua KOPERAD Mabar: Untuk Mencegah Radikalisme, Bupati dan Wabup Mengayomi Semua Pihak
  3. Ini Desakan Sekjen FPM Makassar Kepada Pemimpin Baru Manggarai
  4. Bupati dan Wabub Telah Dilantik: Laurentius, Semoga Tidak Ada Lagi Sekat Antarpendukung
  5. Bupati Baru dan Respons Tiga Isu Krusial || Oleh: Sil Joni
  • Bagikan
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.