Literasi Digital dan Kaum Milenial, Fransiskus Nendi: Dua Sayap yang Berlawanan

  • Bagikan
Literasi Digital dan Kaum Milenial, Fransiskus Nendi: Dua Sayap yang Berlawanan
Fransiskus Nendi, M.Pd., saat memberikan materi (Foto: Dokpri)

MANGGARAI|Letangmedia.com-Literasi digital dan kaum milenial adalah dua sayap yang berlawanan, yakni antara peluang dan tantangan.

Hal itu diungkapan Fransiskus Nendi, M.Pd., saat menjadi pemateri pada kegiatan webinar literasi digital dengan tema “Pentingya Literasi digital Bagi Generasi milenial” yang diselenggarakan Kemkominfo RI di Ruteng, Minggu (17 Oktober 2021)

Bereferensi pada hasil riset yang dilansir oleh Mitchell Kapoor, Frans mengungkapkan, bahwa generasi muda yang memiliki keahlian untuk mengakses media digital saat ini belum mengimbangi kemampuannya menggunakan media digital untuk kepentingan memperoleh informasi dan  pengembangan diri.

Baca Juga:  Mantovanny Tapung: Transformasi Digital Tanpa Human Capital Adalah Absurd

Menurut Frans, kenyataan ini menyebabkan literasi digital dan kaum milenial berada pada dua sayap yang berlawanan.

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng ini menjelaskan, bahwa disatu sisi kemajuan teknologi sebagai peluang, dengan lahirnya lapangan kerja baru berbasis media digital, dan pengembangan kemampuan literasi tanpa menegasikan teks berbasis cetak, dan media digital memberikan peluang, seperti meningkatnya peluang bisnis e-commerce.

Disisi lain, kata Frans, kemajuan teknologi justru membawa tantangan baru, seperti menghabiskan waktu untuk berinternet (rata-rata 5 Jam setiap hari).

Baca Juga:  Peringati Hari Pahlawan, Politician Academy Laksanakan Diskusi Publik, Bonggas Candra: Tidak Boleh Tabu Bicara Politik

“Saat ini, internet, media sosial dan alat-alat digital menjadi kebutuhan primer masyarakat modern, internet sudah menyatu dengan kehidupan sosial masyarakat, harta-tahta-kuota” sebagai kebutuhan dasar hidup masyarakat saat ini,” terangnya.

 

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.