Membangun Kedekatan Pendidikan Tinggi dan Masyarakat Melalui Tri Dharma

FPP Unika Santu Paulus Ruteng telah melaksanakan kegiatan pelatihan penelitian dan penulisan artikel ilmiah pada hari Jumat sampai dengan hari Sabtu (3—4 Juni 2022)

Unika Ruteng membangu Kedekatan Pendidikan Tinggi Melalui Tri Dharma
Dekan FPP Unika Santu Paulus Ruteng (Foto: YouTube Unika Santu Paulus Ruteng)

LETANGMEDIA.comTri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Ketiga hal tersebut wajib ada di perguruan tinggi selama aktivitas akademik berlangsung, dan menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan secara berkesinambungan oleh seluruh civitas academica, yakni dosen dan mahasiswa.

Hal yang sama menjadi kewajiban civitas academica Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruten. Untuk mendukung hal tersebut, berbagai kegiatan pelatihan dilakukan. Salah satunya,  melalalui kegiatan “Pelatihan, Penelitian dan Penulisan Artikel Ilimiah Bereputasi Dosen” yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP)

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring dan daring selama dua hari, terhitung sejak tanggal 3—4 Juni 2022. Secara luring berlangsung di Aula Lantai V Gedung Utama Timur (GUT) Unika Santu Paulus Ruteng, sedangkan secara daring melalui zoom meeting.

Narasumber kegiatan tersebut adalah Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P.,M.Si.,IPM.,ASEAN.Eng., dan Dr. Maximus Tamur, M.Pd., Dosen Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng.

“FPP Unika Santu Paulus Ruteng telah melaksanakan kegiatan pelatihan penelitian dan penulisan artikel ilmiah pada hari Jumat sampai dengan hari Sabtu (3—4 Juni 2022)” jelas Dekan FPP Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Wahyuni Purnami kepada Letangmedia.com melalui pesan WhatsApp, Jumat (10/6/2022)

Wahyuni mengakui, pihaknya merasa bangga dan bersyukur karena dapat melaksanakan kegiatan ini, dengan menghadirkan narasumber yang kompeten, berpengalaman dan professional.

“Pada kegiatan pelatihan tersebut, kami semakin paham tentang penelitian dan penulisan artikel bereputasi. Karena pada kesempatan itu kami dilatih tentang strategi dalam penulisan artikel ilmiah bereputasi,” jelasnya.

Selain itu, kata Wahyuni, pada kesempatan tersebut, para dosen di lingkup FPP mendapat pembekalan dan gambaran untuk penulisan proposal penelitian yang berpotensi bisa didanai oleh Dikti, melalui program hibah.

Menurutnya, pelatihan ini penting. Sebab melalui penelitian dan penulisan atau publikasi adalah cara membangun kedekatan antara pendidikan tinggi dengan masyarakat.

“Penelitian dan penulisan atau publikasi bagi Unika Santu Paulus Ruteng sebagai salah satu perguruan tinggi adalah penting dan wajib. Hal yang sama menjadi tanggung jawab dosen lingkup FPP. Sebab melalui penelitian dan penulisan, maka jarak antara institusi dan masyarakat akan menjadi dekat,” lanjutnya.

 

Baca Juga:
Prodi Teologi Unika Ruteng Selenggarakan Seminar Dialog Iman dan Budaya
Prodi Teologi Unika Santu Paulus Ruteng

LETANGMEDIA.com-Menjelang akhir semester genap tahun akademik 2021-2022, progam studi (Prodi) Pendidikan Teologi Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendikan (FKIP) Universitas Katolik Read more

Rektor Unika Ruteng akan Dikukuhkan Sebagai Guru Besar 
gukuhan Guru Besar Unika Santu Paulus Ruteng

Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Servatius Lon, M.A., akan dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Read more

Prof. John Guru Besar Pertama Unika Ruteng Soroti Pentingnya Perjumpaan Hukum dalam Kasus Perkawinan di Manggarai
Guru Besar Pertama Unika Santu Paulus Ruteng Siap Dikukuhkan

MANGGARAI | Letangmedia.com- Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, MA., adalah Guru Besar pertama Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng. Read more

Sampaikan Orasi Ilimiah, Prof. John: Agama, Negara dan Budaya Adalah Kekuatan Membangun Keadilan Sosial
Sampaikan Orasi Ilimiah, Prof. John: Agama, Negara dan Budaya Adalah Kekuatan Membangun Keadilan Sosial

“Setiap perkawinan yang sah bersifat suci, monogami, dan tidak bisa diceraikan oleh siapapaun atau lembaga manapun. “Yang dipersatukan Allah, tidak Read more

Prodi PGSD Unika Santu Paulus Ruteng Laksanakan Lomba Debat
Prodi PGSD Unika Santu Paulus Ruteng Laksanakan Lomba Debat

Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unika Santu Paulus Ruteng melaksanakan lomba Read more

Kejuaraan Taekwondo Virtual 2022, Mahasiswa Unika Ruteng Raih 6 Medali
Kejuaraan Taekwondo Virtual 2022, Mahasiswa Atlet Unika Ruteng Raih 6 Medali. Mahasiswa atlet yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo berhasil meraih enam medali pada ajang Kerjuaraan Indonesia Taekwondo Virtual Challenge 2022. Rincian raihan keenam medali itu adalah 2 medali emas dan 4 medali perak

Kejuaraan Taekwondo Virtual 2022 Mahasiswa Unika Ruteng Raih 6 Medali pada ajang Kerjuaraan Indonesia Taekwondo Virtual Challenge 2022

error: Content is protected !!