Pelaku Usaha dan Industri Bimbing Pengembangan Karir Mahasiswa Unika Ruteng

Kegiatan lokakarya bimbingan karir ini bertujuan agar mahasiswa memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan ketrampilan khusus (Sarjana Plus) sebelum memasuki dunia kerja, memiliki kecerdasan untuk membaca peluang kerja di era disrupsi teknologi, dan memiliki semangat dan keberanian untuk mengembangkan usaha dalam bentuk rencana aksi nyata.

Berita Bimbingan Karir mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng
Pelaku Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Bimbing Pengembangan Karir Mahasiswa Unika Ruteng (Foto; Panitia)

LETANGMEDIA.com-Membimbing karir mahasiswa merupakan bagian dari pendampingan dan pendidikan di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, baik secara reguler dalam beragam bentuk pengembangan diri maupun secara momental dalam bentuk lokakarya/seminar.

Tahun ini, kegiatan lokakarya bimbingan karir bertema “Bimbingan Karir Menuju Pasar Kerja” dengan mendatangkan narasumber dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Lokakarya ini diikuti oleh mahasiswa tingkat III dan IV dari semua Fakultas dan Program Studi pada lingkup Unika Santu Paulus Ruteng.

Kegiatan bimbingan karir merupakan suatu bentuk respon Lembaga Unika Santu Paulus Ruteng terhadap beragam jenis pekerjaan dan bidang karya yang tersedia bagi para lulusan.

Melalui kegiatan ini, para mahasiswa dibelajarkan untuk membuka wawasan dan kesadaran, bahwa peluang kerja di era disrupsi sangat terbuka untuk semua orang dari berbagai latar belakang jurusan dan pendidikan.

Hal itu didukung oleh perubahan kurikulum Perguruan Tinggi (PT) dari kurikulum berbasis pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ke kurikulum Medeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Demikian kata Koordinator Bimbingan Karir Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Hendrikus Midun, S.Fil.,M.Pd., dalam keterangan tertulis yang diterima Letangmedia.com, Sabtu (21/5/2022)

Hendrik menjelaskan, kemajuan teknologi berdampak pada persaingan kerja yang semakin kompetitif. Dalam kondisi seperti ini setiap orang dituntut untuk memiliki ketrampilan (hard skills-soft skills) yang mumpuni. Dengan memiliki ketrampilan yang mumpuni orang akan mampu berkompetisi dan sukses.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk mencapai hard skills dan soft skills mahasiswa, PT terutama unit Bimbingan Karir perlu bekerjasama dan berkolaborasi dengan pelaku dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Dalam kolaborasi itu, para mahasiswa/calon lulusan PT mendapat pengetahuan dan ketrampilan yang semakin komplit.

Alumni Pascasarjana Universitas Negeri Malang itu berharap, melalui kegiatan lokakarya bimbingan karir, mahasiswa (a) memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan ketrampilan khusus (Sarjana Plus) sebelum memasuki dunia kerja, (b) memiliki kecerdasan untuk membaca peluang kerja di era disrupsi teknologi, dan (c) memiliki semangat dan keberanian untuk mengembangkan usaha dalam bentuk rencana aksi nyata.

Dengan memiliki kemampuan-kemampuan ini, lulusan PT tidak menambah angkat pengangguran (nyata dan terselubung) di masyarakat.

 

 

Baca Juga:
Membangun Kedekatan Pendidikan Tinggi dan Masyarakat Melalui Tri Dharma
Unika Ruteng membangu Kedekatan Pendidikan Tinggi Melalui Tri Dharma

Ia menjelaskan, keterlibatan institusi Perguruan Tinggi dalam memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di masyarakat, salah satunya melalui penelitian dan publikasi Read more

Rektor Unika Ruteng akan Dikukuhkan Sebagai Guru Besar 
gukuhan Guru Besar Unika Santu Paulus Ruteng

Rektor Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, Prof. Dr. Servatius Lon, M.A., akan dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Read more

Prof. John Guru Besar Pertama Unika Ruteng Soroti Pentingnya Perjumpaan Hukum dalam Kasus Perkawinan di Manggarai
Guru Besar Pertama Unika Santu Paulus Ruteng Siap Dikukuhkan

MANGGARAI | Letangmedia.com- Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, MA., adalah Guru Besar pertama Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng. Read more

Sampaikan Orasi Ilimiah, Prof. John: Agama, Negara dan Budaya Adalah Kekuatan Membangun Keadilan Sosial
Sampaikan Orasi Ilimiah, Prof. John: Agama, Negara dan Budaya Adalah Kekuatan Membangun Keadilan Sosial

“Setiap perkawinan yang sah bersifat suci, monogami, dan tidak bisa diceraikan oleh siapapaun atau lembaga manapun. “Yang dipersatukan Allah, tidak Read more

Prodi PGSD Unika Santu Paulus Ruteng Laksanakan Lomba Debat
Prodi PGSD Unika Santu Paulus Ruteng Laksanakan Lomba Debat

Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unika Santu Paulus Ruteng melaksanakan lomba Read more

Kejuaraan Taekwondo Virtual 2022, Mahasiswa Unika Ruteng Raih 6 Medali
Kejuaraan Taekwondo Virtual 2022, Mahasiswa Atlet Unika Ruteng Raih 6 Medali. Mahasiswa atlet yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo berhasil meraih enam medali pada ajang Kerjuaraan Indonesia Taekwondo Virtual Challenge 2022. Rincian raihan keenam medali itu adalah 2 medali emas dan 4 medali perak

Kejuaraan Taekwondo Virtual 2022 Mahasiswa Unika Ruteng Raih 6 Medali pada ajang Kerjuaraan Indonesia Taekwondo Virtual Challenge 2022

error: Content is protected !!