Percepat Transformasi Digital, Menteri Johnny: Pelatihan Keterampilan Digital Jadi Perioritas

Menteri Johnny menyebutkan, bahwa tahun sebelumnya, Kominfo telah melakukan pelatihan keterampilan digital dasar kepada 12,5 juta penduduk Indonesia.

Berita Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)
Menkominfo Johnny G. Plate, dalam sesi diskusi “Indonesia Pavilion: Deepening Digital Growth in The New Economic Landscape” yang berlangsung secara hibrida dari Davos, Swiss, Senin (23/05/2022) malam. (Foto/Sumber:Berto/kominfo.go.id)

LETANGMEDIA.com Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memprioritaskan program pengembangan talenta digital untuk mempercepat agenda transformasi digital nasional.

Mendukung agenda tersebut, Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan, pihaknya (Kominfo) berkerja keras dengan sejumlah program untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Menteri Johnny menyebutkan, bahwa tahun sebelumnya, Kominfo telah melakukan pelatihan keterampilan digital dasar kepada 12,5 juta penduduk Indonesia.

Sekjen Partai Nasdem ini mengungkapkan, bahwa pemerintah juga mendorong kolaborasi ekosistem untuk menyediakan talenta digital.

“Permintaan talenta digital sangat besar. Pada tahun lalu, kami melakukan pelatihan keterampilan digital dasar bagi 12,5 juta penduduk Indonesia dalam satu tahun dan menargetkan jumlah 5,5 juta peserta ikut ambil bagian di tahun ini,” ungkapnya dalam sesi diskusi “Indonesia Pavilion: Deepening Digital Growth in The New Economic Landscape” yang berlangsung secara hibrida dari Davos, Swiss, Senin (23/05/2022) malam.

Menteri Johnny menambahkan, melalui Program Gerakan Nasional Literasi Digital, Kementerian Kominfo melatih masyarakat Indonesia agar punya kecakapan digital di tingkat dasar. Pada saat yang sama, mempersiapkan talenta Indonesia untuk memiliki keterampilan digital di tingkat menengah melalui Program Digital Talent Scholarship.

“Tahun ini yang akan kita lakukan adalah sekitar dua ratus ribu milenial. Kami membutuhkan 9 juta talenta digital intermediate untuk 15 tahun ke depan, artinya setiap tahun kami harus memastikan memiliki 600.000 keterampilan digital intermediate, hal yang tentunya tidak mudah,” jelas Menteri Johnny.

Pria kelahiran Ruteng (Manggarai), Nusa Tenggara Timur, 10 September 1956 ini menyebutkan, dari kebutuhan 600 ribu talenta digital, Pemerintah memberi dukungan untuk melatih 200.000 peserta.

“Dukungan Pemerintah sebanyak sepertiga dari 600 ribu pelatihan kecakapan dan saya berharap ekosistem juga bergabung untuk memastikan talenta digital menengah akan tersedia dalam jumlah kualitas dan kapasitas mereka,” ungkapnya.

Menteri Johnny menilai, penyiapan talenta di level keterampilan menengah itu merupakan salah satu upaya agar perusahaan teknologi global bersedia bergabung untuk membantu program Pemerintah.

“Bahkan, saya juga masih ingin semua ekosistem termasuk operator telekomunikasi untuk bergabung dengan kami, untuk memastikan bahwa keterampilan menengah akan tersedia tepat waktu,” tandasnya.

Selain itu, pada level advance, Kementerian Kominfo juga menyediakan pelatihan untuk mendukung pembuatan kebijakan digital.

Menurut Menkominfo, pembuatan kebijakan digital saat ini tidak tersedia dalam jumlah yang banyak.

“Ada sekitar 500 pelatihan untuk setiap tahun. Ini bekerja sama dengan universitas global terkemuka seperti Oxford, Cambridge, Tshinghua dan banyak lainnya, untuk memastikan bahwa pembuat kebijakan digital akan tersedia untuk Pemerintah,” tandasnya.

 

Baca Juga:
Perkuat Keamanan Siber Indonesia, Menkominfo Johnny G.Plate Gandeng Cisco
Menkominfo Johnny G.Plate

LETANGMEDIA.com-Keterlibatan Cisco diharapkan dapat menjaga ruang digital tetap bersih dimana saat ini Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Read more

Nadiem Makarim: UN Tahun 2021 Ditiadakan, Simak Syarat Kelulusan Sesuai SE Mendikbud

Nadiem Makarim: UN Tahun 2021 Ditiadakan, Simak Syarat Kelulusan Sesuai SE Mendikbud Penulis: Feliks.H | Letangmedia.com JAKARTA|Letangmedia.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Read more

BPIP Terbitkan Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021

Letangmedia.com| Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah menerbitkan surat edaran terkait pedoman pelaksanaan perayaan Hari Pancasila pada 1 Juni. BPIP Read more

Brikut 13 Link Twibbon Ucapan Hari Lahir Pancasila untuk Status WA dan Instagram

Letangmedia.com| Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Pancasila, pertama kali diperkenalkan oleh Read more

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden: Waspadai Peningkatan Rivalitas Antarideologi

Laporan | Riki JomanLetangmedia.com Letangmedia.com| Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Read more

HGN 2021, Nadiem: Guru Inginkan Pemimpin Sekolah Berpihak Pada Murid Bukan Birokrasi
HGN 2021 Nadiem: Guru Inginkan Pemimpin Sekolah Berpihak Pada Murid Bukan Birokrasi

Letangmedia-com | Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November. HGN tahun ini mengusung tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Read more

error: Content is protected !!