Polres Manggarai Barat Galar Pendidikan dan Latihan Satpam Gada Pratama

  • Bagikan
Polres Manggarai Barat Galar Pendidikan dan Latihan Satpam Gada Pratama
Istimewa (Foto: Humas Polres Mabar)

MABAR | Letangmedia.com-Polres Manggarai Barat (Mabar) menggelar pendidikan dan pelatihan Satpam tingkat Gada Pratama gelombang VII T.A. 2021.

Pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diikuti 108 orang tersebut, dibuka oleh Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si., di Mapolres Mabar, Labuan Bajo, Kamis (18/11/2021) pukul 08.43 WITA.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si., dalam sambutannya mengatakan, dewasa ini kesadaran masyarakat atas pentingnya keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja yang strategis semakin tinggi.

Dia menjelaskan, bahwa salah satu yang mendorong tingginya kesadaran tersebut, karena semakin tingginya tindakan kejahatan yang tidak mengenal batas, ruang dan waktu.

Sehingga, kata dia, pendidikan dan pelatihan untuk anggota Satuan Pengamanan (Satpam) secara berkesinambungan sangat penting.

“Anggota Satpam yang disiapkan adalah untuk menjamin keamanan di lingkungan kerjanya masing-masing. Beberapa kenyataan menjunjukkan bahwa, anggota Satpam sering menjadi korban tanpa perlawanan, “ata Kapolres Mabar, dalam keterangan tertulis diterima letangmedia.com, Jumaat (19/11/2021)

Baca Juga:  Latihan Jurnalistik Cara Tepat Berliterasi

Untuk itu, kata dia, dipandang perlu adanya suatu pendidikan dan pelatihan, yang berkesinambungan guna meningkatkan kapasitas Profesionalisme anggota Satpam dalam menjalankan tugas.

Lebih lanjut Kapolres Mabar menjelaskan, Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai salah satu bentuk pengamanan Swakarsa yang merupakan implementasi dari Community Policing (Polmas) merupakan salah satu alternatif gaya Perpolisian yang saat ini terus dikembangkan.

“Untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang lebih efektif dan efisien mustahil dapat dilakukan oleh Polisi saja. Hal ini semakin rumit dengan adanya perbedaan kondisi setempat yang sangat berbeda dari tempat yang satu dengan tempat yang lainya. Karena itu, dibutuhkan kerja sama semua pihak. Salah satunya Satpam,” jelas Alumnus Akpol angkatan 2000 itu.

Baca Juga:  Aktris Luna Maya Jadi Ketua RT, Langsung Lakukan Blusukan Bersama Warga, Ini Kata Ketua RW

Oleh karena itu, dia menegaskan, peran aktif dari Satpam memiliki daya guna yang sangat mendukung dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dilingkungan tugasnya masing–masing.

AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si., juga menyatakan, bahwa pengamanan Swakarsa telah ditetapkan dalam UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu sesuai dengan pasal 3.

“Pengemban fungsi Kepolisian adalah Polri yang dibantu oleh Kepolisian Khusus (Polsus), Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan bentuk–bentuk Pengamanan Swakarsa,” ungkapnya.

Selain itu, Kapolres Manggarai Barat juga mengimbau kepada para peserta untuk serius dalam mengikuti diklat. Beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan selama proses pembelajaran dan pelatihan satpam.

 

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.