Tentang Kami

oleh

MEDIA SIBER LETANGMEDIANEWS.COM
Jujur Jernih melihat Fakta, lugas-Independen & akurat mewartakan, edukatif dan tetap terhubung

LETANGMEDIANEWS.COM Resmi hadir di ruang pembaca pada tanggal 17 November 2020. Letang adalah bahasa Manggarai. Kalimat lengkap dari kata ini adalahletang temba laro jaong. Secara harafiah ucapan ini diartikan sebagai jembatan atau penyambung lidah untuk menyampaikan pesan dari seseorang melalui seseorang untuk seseorang atau khalayak umum.

Dalam kaitannya dengan LETANGMEDIANEWS.COM adalah sebagai media atau perantara untuk menyalurkan atau mempublikasikan gagasan, isi hati atau pendapat sesorang melalui Letang News, Jurnalisme Warga, Letang Traveler, Letang Feature, Letang Resensi Buku, Letang lifestyle, Letang Opini, Letang Sastra (Cerpen dan Puisi) Letang Kampung dan Desa, Letang Profil dan Sosok, serta Letang Budaya. Melalui kolom tersebut LETANGMEDIANEWS.COM berusaha agar setiap orang saling terhubung dengan orang lain.

Dengan tagline  “Jujur Jernih melihat Fakta, lugas-Independen & akurat mewartakan, edukatif dan tetap terhubung”, LETANGMEDIANEWS.COM berupaya menempatkan diri sebagai media yang selalu menghadirkan informasi yang jujur dengan jernih melihat fakta, utuh, akurat dan independen dalam mewartakan agar tetap terhubung sebagai media edakasi dengan pembaca. LETANGMEDIANEWS.COM menjujung tinggi kepentingan publik, tidak oleh berbagai kepentingan pribadi, politik, ekonomi dan kekuasaan.

LETANGMEDIANEWS.COM mengutamakan akurasi konten yang diwartakan, bukan kecepatan menyajikan berita. Oleh karena itu, redaksi LETANGMEDIANEWS.COM tidak langsung mempbulikasikan seluruh naskah yang masuk di meja redaksi atau tidak menelah mentag-mentah apaya sedang hangat dibicarakan di masyarakat dan atau media sosial. Kami berkomitmen agar LETANGMEDIANEWS.COM dapat menjadi referensi pembaca untuk memvalidasi informasi.

Kami mohon maaf bila saja pembaca menemukan konten di media ini yang mungkin jauh dari kebakuan tata bahasa Indonesia atau menyerang privasi pihak tertentu, jujur bahwa hal tersebut buklah unsur kesegajaan.

Menyadari kelemahan tersebut, LETANGMEDIANEWS.COM MENERIMA  opini, cerpen, Puisi dan berita  dari pembaca untuk dipublikasian di media ini. Dengan tetap mematahui ketentuan yang berlaku.

Seiring menanti tulisan dari pembaca LETANGMEDIANEWS.COM sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.

Rubrik LETANGMEDIANEWS.COM

Suara Redaksi

Rubrik ini khusus kepada team  LETANGMEDIANEWS.COM  untuk mengkritisi berbagai isu yang sedang hangat dibicarakan di lingkungan masyarakat. Gagasan atau pandangan tersebut disampaikan dalam bentuk opini,  puisi, cerpen,  esai, feature, puisi dan karikatur.

Letang News
Fokus pada berita Daerah dalam lingkup Propinsi NTT

Letang Nasional
Menghadirkan berita nasional seputar Politik, Sosial, Ekonomi, Olah raga dan lain-lain.Rubrik ini disebut juga sebagai rubrik editorial, dengan tetap mencantumkan link dan atau sumber beritanya. Sebab saat ini  LETANGMEDIANEWS.COM belum memiliki wartakan untuk tinggkat nasional

Jurnalisme warga
Jurnalisme warga (citizen journalism) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Singkatnya, jurnalisme warga adalah istilah untuk masyarakat umum yang mengikuti kegiatan jurnalisme. Pelaku jurnalisme warga ini nantinya disebut sebagai jurnalis warga atau citizen journalist.
Sejalan dengan prinsip media ini sebagi media yang menghubungkan satu dengan lain dalam hal informasi, maka LETANGMEDIANEWS.COM memiliki wadah khusus untuk masyarakat umum, yang disebut Jurnalisme Warga.
Melalui rubrik Jurnalisme Warga, masyarakat umum dapat mengirim berita ke media ini untuk dipublikasikan (KLIK DISINI, Cara pengriman tulisan). Redaksi dan dewan editor akan terus melakukan koordinasi dan konfirmasi kepada pengirim berita sebelum berita tersebut dipublikasikan. Hal ini dilakukan demi keakuratan infomas.

Letang Birokrasi
LETANGMEDIANEWS.COM memilik semangat yang sama dengan pemerintah, yaitu membangun daerah.  Salah satunya adalah melalui keterbukaan dan ketersedian infomasi yang dapat diakses oleh masyarakat. Maka media ini berkomitmen sebagai letang temba laro jaong agar pemerintah dan masyarakat tetap saling terhubung, demikian sebaliknya. Kami berada pada garda terdepan menyuarakan keberhasilan program pemerintah. Namun juga tidak segan memberikan kritrik konstruktif jika diperlukan.

Letang Traveler
Adalah membahas tentang perjalanan, hiburan, wisata, budaya, kesehatan, seni dan warisan budaya.

Letang lifestyle
Rubrik Lifestyle atau gaya hidup setiap adalah salah satu ruang di letangmedia.com yang biasa diisi oleh pembaca untuk menulis tentang hoby atau kesukaan, memberikan ulasan tentang fashion, dan tips-tips sukses.

Letang Potensi Daerah
Rubrik ini untuk membahas dan mempublikasan potensi-potensi daerah. Setidaknya LETANGMEDIA.COM membantu pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk ikut secara aktif mempromosikan potensi daerah setempat

Letang Pendidikan
LETANGMEDIANEWS.COM mendukung penuh upaya pemerintah dalam membumikan literasi di Indonesia yang dimulai pada lingkungan pendidikan dengan Gerakkan Literasi Sekolah (GLS). Tindakan nyata dari dukungan tersebut  adalah  dengan gerakkan “Letang Media.com Go to School” untuk membangun kerjasama dengan Sekolah dan Dinas Pendidikan. Tindak lanjut dari kerjasama tersebut, Pertama: LETANGMEDIANEWS.COM memfasilitasi untuk mempublikasikan tulisan-tulisan peserta didik dalam bentuk puisi, cerpen, opini, esai, feature, dan berita kegiatan di masing-masing sekolah.
Kedua: LETANGMEDIANEWS.COM mengadakan seminar literasi, latihan dasar menulis dengan menghadirkan pemateri dan atau tutor yang berpengalaman dalam bidangnya.

Letang Kampung dan Desa
LETANGMEDIANEWS.COM mendukung penuh upaya pemerintah dalam memperomosikan potensi disetiap Kampung dan Desa. Oleh karena itu rubrik ini secara khusus berisi dan atau membahas hal-hal manarik tentang Kampung dan Desa yang diulas dalam bentuk berita, opini, esai, dan feature

Letang Feature
Rubrik ini berisikan tulisan-tulisan feature, peliputan bergaya jurnalistik warga, atau esai yang mengangkat isu-isu hangat. Tulisan di rubric ini juga mengulas potensi daerah atau hal menarik lainya dengan gaya feature.

Letang Opini dan Artikel
Tulisan pada rubrik ini adalah mengangkat isu sosial, politik, ekonomi, hukum, agama, pertanian, pendidikan, pariwisata, dan lain-lain dalam bentuk opini dan artikel da esai.

Letang Sastra 
Rubrik ini adalah khusus untuk sastra yang didalamnya memuat puisi dan cerpen.

CATATAN TERCECER DARI PINGGIRAN

SUARA TERCECER DARI PINGGIRAN (STP) adalah rubric khusus di letangmedia.com. Merujuk pada KBBI terdapat 4 arti kata ‘tercecer’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja), yaitu (1)Tertumpah berceceran; (2) Jatuh (hilang) dalam perjalanan; (3)Tertinggal jauh (dari teman-temannya dan sebagainya); dan (4) Ketinggalan.

Dalam kaitanyan dengan rubric SUARA TERCECER DARI PINGGIRAN adalah untuk mengungkapkan pendapat atau gagasan tentang politik, pendidikan, agama, sosial dan budaya serta isu lainya yang disampaikan dengan kata yang sederhana dan gaya bahasanya cenderung lebih berani, lugas, tegas, namun terkesan seperti cerita pendek (CERPEN) dengan bahasa metafora.

Tujuan Rubrik ini adalah untuk menyampaikan gagagasan dan harapan/aspiarasi masyarakat kecil yang tertinggal dan berada di daerah pedalaman. Oleh karena itu, konten dalam rubrik ini mengandalkan refleksi tentang kebebasan, pemerataan pembangunan dan keadilan.

Tulisan dan IKLAN dapat dikirim/konsultasi ke:
Email: feliks.edyhattam.092@gmail.com atau redaksi@letangmedia.com/WA o81 338 388 036