Seorang Kepsek Tersangka Korupsi Dana PIP, Kasusnya Dilimpahkan ke Kejari Manggarai

  • Bagikan
ILUSTRASI/Foto: rri.co.id

MANGGARAI|Letangmedia.com-Barang bukti kasus tersangka tindak pidana korupsi dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Anggaran (TA) 2015 dan 2016 yang dilakukan oleh Mantan Kepala Sekolah Dasar Inpres (SDI) Wae Paci, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), NTT berinisial MN, telah dilimpahkan oleh Tim Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Manggarai kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Manggarai.

Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo, S.I.K., melalui keterangan tertulis yang diterima Letangmedia.com dari Kasubag Humas Polres Manggarai, Ipda Made Budiarsa mengatakan, berkas perkara kasus tersebut telah di limpahkan tahap 1 ke Kejari Manggarai.

Selanjutnya, “setelah di teliti dan dinyatakan lengkap /P21, pada hari Selasa tanggal 08 Juni 2021, Kasus tersebut telah di limpahkan tahap 2 ke Kejari Manggarai termasuk pelimpahan tersangka beserta barang bukti,” ungkapnya.

“Pasal yang disangkakan terhadap pelaku adalah pasal 2 ayat 1 dan pasal 3 UU Nomor. 31 tahun 1999 juncto (jo) UU 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” ungkap Budiarsa melalui keterangan tertulis yang diterima media ini, Kamis (10/6/2021)

Budiarsa menambahkan, proses selanjutnya merupakan tanggung jawab pihak Kejari Mangarai untuk melakukan penuntutan atau persidangan terhadap tersangka.

Sementara terkait kerugian negara akibat tindakan tersangka MN, Budiarsa menyebutkan, bahwa nilai kerugian keuangan negara berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Manggarai Timur yaitu sebesar Rp.97.875.000.

Ket: Pelimpahan berkas dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan wewenang Kepala Sekolah SDI Wae Paci Ke Kejari Manggarai. Foto Humas Polres Manggarai.

“Berdasarkan laporan Polisi (LP) nomor: LP/A/68/V/2018/NTT/Polres Manggarai, tanggal 03 Mei 2018, tentang dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan wewenang yang di lakukan oleh kepala sekolah SDI Wae Paci, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur yang berinisial MN terkait pemanfaatan dana PIP TA. 2015 dan TA. 2016, dengan nilai kerugian keuangan negara berdasarkan LHP inspektorat Manggarai Timur yaitu sebesar Rp.97.875.000,” jelas Budiarsa.

Saat ini, kata Budiarsa, tersangka sudah dilakukan penahanan oleh kejaksaan Negeri Manggarai.

Laporan & Penulis | Hardy Sungkang
Editor | EFH

Baca Juga:  Perubahan Terbaru Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021
  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.