SMAN 3 Borong Sukses Gelar MPLS Secara Daring

  • Bagikan
SMAN 3 Borong
KET/ISTIMEWA (Dok. SMAN 3 Borong/sman3borong.sch.id)

MATIM|LETANGMEDIA.com-Sebagai siswa baru di setiap satuan pendidikan, hari pertama masuk sekolah terutama SMP dan SMA diawali dan atau disambut dengan Masa Orientasi Siswa (MOS). Istilah tersebut diubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

MPLS diselanggarakan dengan beragam tujuan, beberapa diantaranya adalah untuk membantu peserta didik baru mengenal potensi dirinya, mengenal dan beradaptasi, dan menyatu dengan warga lingkungan pendidikan, menumbuhkan prilaku positif dengan nilai-nilai pancasila, dan lain sebagainya. Sebelum wabah Covid-19, kegiatan ini dilaksanakan secara luring. Namun saat ini, kegiatan MPLS dilakukan secara daring, dengan berbagai alasan dan pertimbangan, salah satunya adalah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Halnya di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) peserta didik baru Tahun Pelajaran 2021/2022 disambut dalam kegiatan MPLS yang digelar secara daring melalui platform zoom meeting selama empat hari, terhitung sejak Senin—Kamis (09—12/8/2021)

Kepala SMAN 3 Borong, Konstantinus Eferson Rada, S.Psi., mengatakan, pihaknya menggelar MPLS secara daring dengan tujuan mendukung komitmen pemerintah untuk menghindari kerumunan dalam rangka memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

“Kami melaksanakan MPLS secara daring untuk mencegah adanya cluster baru. Sekaligus mendukung upaya berbagai pihak dalam rangka memutuskan rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Soni, sapaan akrab Konstantinus Eferson Rada, S.Psi., saat ditemui Letangmedia.com di ruang kerjanya, pada Kamis (12/8/2021)

Soni menambahkan, dengan fasilitas yang dimiliki SMAN 3 Borong, MPLS daring ini merupakan pilihan satu-satunya dalam keadaan sulit seperti ini.

Soni mengungkapkan, selain sebagai pengenalan lingkungan sekolah, MPLS virtual ini merupakan bagian dari penerapan literasi digital.

Dikatakan Soni, bahwa secara umum materi MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022  yang disampaikan oleh guru-guru SMAN 3 Borong adalah tentang pendidikan karakter pancasila.

SMAN 3 Borong adalah sekolah penggerak. Sehingga materi MPLS ini lebih kepada pendidikan karakter pancasila. Hal tersebut sesuai dengan tuntutan sekolah penggerak dalam mewujudkan merdeka belajar,” jelasnya.

Soni menyebutkan, ada empat materi dasar dalam MPLS daring SMAN 3 Borong yaitu; profil pelajar pancasila, merdeka belajar, literasi digital dan kurikulum operasiona sekolah.

“Profil pelajar pancasila, merdeka belajar, literasi digital dan kurikulum operasional sekolah adalah empat materi baru. Materi tersebut merupakan dasar dalam penerapan sistem pembelajaran sekolah penggerak,” terang Soni.

Sementara itu, Wilbrodus Barus, selaku admin atau Meeting Controls dan ketua Panitia MPLS SMAN 3 Borong menjelaskan, bahwa selama pelaksanaan MPLS tidak ada kendala fatal yang berpotensi menghambat kegiatan e-MPLS. Kendalanya hanya berkaitan dengan falisitas yang dimiliki oleh siswa baru, yakni masih ada siswa yang belum memiliki handphone android

“Prosesnya berjalan lancar, dan  tidak ada kendala jaringan. Sesuatu yang menarik adalah, peserta didik baru sudah mengenal teknologi sebelum memasuki sekolah. Sehingga harapannya, ketika masuk sekolah mereka sudah ada dasar dalam pengenalan teknologi,” ungkap Wili.

Ia menambahkan, siswa baru yang memiliki kendala HP, mereka bergabung dengan teman-teman yang memiliki handphone android.

SMAN 3 Borong
Ket: screenshot saat MPLS

Secara terpisah, Yomi Pampur, salah satu siswa baru SMAN 3 Borong dan mengikuti kegiatan MPLS daring mengatakan, dirinya sangat senang dengan materi-materi yang disampaikan oleh pemetari pada kegiatan tersebut. (Iren Antus/Letangmedia.com/MATIM)

Penulis| Iren Antus
Editor| Edy Feliks Hatam & Tim

  • Bagikan
error: Content is protected !!
Kirim Pesan Sekarang
Trima kasih dan selamat datang di letang
Hallo...
Trima kasih dan selamat datang di letangmedianews.com.
Silahkan kirim pesan untuk pertanyaan iklan produk & perusahan,
penulisan profil prusahan, bisnis, serta kerja sama, dll
Salam dan hormat kami
Letangmedianews.com.